Jokowi Saksikan Peluncuran Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Jokowi menjadi saksi peluncuran Hyundai IONIQ 5 rakitan Indonesia (Hyundai)

JAKARTA, AVOLTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi saksi peluncuran Hyundai Ioniq 5, yang merupakan mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia. Tentunya langkah ini menjadi tonggak sejarah baru bagi industri otomotif dalam negeri.

Sebab, bukan Cuma diproduksi dan dijual di Indonesia, Ioniq 5 juga akan diekspor ke mancanegara.

Jokowi pun mengapresiasi peluncuran mobil listrik ini, bahkan dia menyebut langkah ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu.

“Ini yang saya tunggu-tunggu karena kita ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil BBM fosil ke mobil listrik ramah lingkungan,” tutur Jokowi.

Sementara itu, Euisun Chung, Executive Chair Hyundai Motor Group mengatakan bahwa, Hyundai Ioniq 5 punya gaya styling, desain, teknologi, merupakan kolaborasi dari seluruh dunia, dan akan diproduksi di Indonesia.

Hyundai Ioniq 5 mau dirakit lokal di Indonesia, paling mungkin berstatus IKD. (insideEV)

“Produk ini akan memiliki peran penting sebagai motor penggerak pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia,” ungkap Euisun Chung dalam sambutannya, Rabu (16/3/2022).

Namun Hyundai belum mengumumkan spesifikasi resmi dari mobil listrik, Hyundai Ioniq 5 buatan Indonesia.

Berbagai informasi, Ioniq 5 tersedia dalam dua pilihan opsi ukuran baterai, 58 kWh atau 72,6 kWh. Ada dua tipe tata letak motor listrik, yang hanya ada di belakang saja atau dengan motor penggerak bagian depan dan belakang.

Semua variasi tersebut bisa melesatkan mobil sampai kecepatan tertinggi hingga 185 km/jam.

 

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )