Jokowi Resmikan Pabrik Pertama Hyundai di Asia Tenggara

Hyundai meresmikan pabrik pertamanya di Asia Tenggara (Hyundai)

JAKARTA, AVOLTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik pertama Hyundai di Asia Tenggara, yang berlokasi di Deltamas, Cikarang Tengah, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Fasilitas perakitan ini sekaligus menjadi pusat manufaktur Hyundai di ASEAN, karena untuk memenuhi pasar ekspor.

Hyundai telah menyelesaikan pembangunan pabrik yang dibangun di atas lahan seluas 77,7 hektar dengan luas bangunan mencapai 18,8 hektar. Pabrik ini sendiri memiliki nilai investasi sekitar USD 1,55 miliar.

Pabrik tersebut akan memiliki kapasitas produksi tahunan hingga 150.000 unit di tahun ini dan akan mencapai hingga 250.000 unit per tahun kedepannya.

“Hari ini kita telah menyaksikan momen yang telah kita tunggu-tunggu. Pertama-tama kehadiran IONIQ 5, di mana kita ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fossil ke kendaraan listrik yang ramah lingkungan,” ungkap Jokowi saat peresmian, Rabu (16/3/2022).

Menurut Jokowi, kedepan kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama di Indonesia termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan juga nantinya di Ibu Kota Negara, Nusantara.

Hyundai meresmikan pabrik pertamanya di Asia Tenggara (Hyundai)

“Kita harus menjadi pemain penting dalam global supply chain di industri mobil listrik global karena Indonesia memiliki kapasitas berupa material utama untuk kendaraan listrik. Untuk menjadi pemain kunci, kita perlu membangun ekosistem yang kuat,” kata Jokowi.

Selanjutnya, Euisun Chung, Executive Chair Hyundai Motor Groupmengatakan, bahwa Indonesia merupakan pusat dari strategi mobilitas Hyundai Motor di masa depan. Pabrik ini akan memainkan peran penting dalam industri otomotif khususnya di bidang kendaraan listrik.

Selain itu, Hyundai akan terus berkontribusi dalam pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia melalui sinergi pabrik baterai yang sedang kami kembangkan.

“Kami optimis, kehadiran pabrik ini akan mendorong Indonesia untuk memainkan peran penting di kancah internasional. Kami berharap teknologi baru yang diusung Hyundai di masa mendatang akan menjadi pondasi untuk kolaborasi yang jauh lebih besar antara Hyundai dan Indonesia,” kata Euisun Chung dalam kesempatan yang sama.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )