Transjakarta Pakai Bus Listrik BYD Rakitan Lokal

Bus Listrik BYD rakitan lokal (transjakarta)

JAKARTA, AVOLTA – Operator transportasi umum sudah mulai mengarah ke elektrifikasi. Kini banyak menggunakan kendaraan listrik, salah satunya Transjakarta yang telah menggunakan bus listrik BYD rakitan Magelang, Jawa Tengah.

Bus listrik BYD rakitan lokal itu akan mulai beroperasi pekan ini. Tahap awal, kata Direktur Utama dan CEO PT Bakrie & Brothers Tbk Anindya Novyan Bakrie, Transjakarta sudah melakukan pemesanan 30 unit, dan bakal bertambah seiring berjalannya waktu.

“Seluruh bus listrik itu juga sudah memiliki kandungan lokal atau TKDN sekitar 35-45%,” ungkap Anindya belum lama ini di Jakarta.

Dia melanjutkan, bus listrik tersebut sudah melalui rangkaian uji yang cukup ketat. Pengujian dilakukan dengan pihak Vektor Mobiliti Indonesia selaku agen pemegang merek BYD di Indonesia, dan hasilnya layak untuk diproduksi lokal.

Bus Listrik BYD rakitan lokal (transjakarta)

“Kami bisa membuktikan kalua bus listrik ini lulus uji tabrak, elektromagnetik test, sound test, karena semuanya harus dicoba dan hasilnya memuaskan,” tutur dia.

Menyoal spesifikasi, terdapat 2 tipe bus listrik BYD yang akan dioperasikan Transjakarta. Pertama ada tipe K9 yang berjenis single bus dan memiliki dimensi panjang 12 meter, lebar 2,5 meter, tinggi 3,4 meter, serta jarak sumbu roda 6,1 meter.

Bus litrik BYD K9 ini dibekali 2 motor listrik AC Synchronous yang mampu menyemburkan tenaga 300 kW atau setara 402 dk dan torsi puncak 1.100 Nm. Untuk mendukung kebutuhan daya listriknya, bus listrik Transjakarta dibekali baterai berjenis BYD Iron-Phosphate berkapasitas 324 kWh.

Dalam kondisi baterai terisi penuh, bus listrik ini diklaim dapat terus melaju sejauh 250 kilometer atau dengan kecepatan maksimum 70 kilometer per jam.

Adapun untuk pengisian daya listriknya, dibutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 jam apabila menggunakan pengisian daya AC berkapasitas 80 kW. Pada tipe bus K9 ini memiliki daya tampung berkisar 31 hingga 40 penumpang.

Kedua,  bus listrik BYD C6 yang berjenis medium bus. Bus listrik C6 memiliki dimensi yang lebih kecil, yakni dengan panjang 7,5 meter, lebar 2,1 meter, tinggi 2,9 meter, dan jarak sumbu roda 3,9 meter.

 

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )