Paten Bocor, Mobil Listrik Toyota Adopsi Transmisi Manual

Toyota daftarkan paten transmisi manual untuk mobil listrik (Carbuzz)

AICHI, AVOLTA – Pengembangan kendaraan listrik, baik di dunia ataupun di Indonesia terus mengalami peningkatan. Tidak hanya soal motor penggeraknya saja, tapi juga komponen pendukung lain, seperti stasiun pengisian listrik, baterai, dan juga teknologi canggih lain di mobil.

Namun, langkah cukup mengejutkan dilakukan oleh Toyota, dengan melakukan paten untuk transmisi manual yang akan digunakan pada mobil listrik.

Hal tersebut, terungkap dari salah seorang di BZForum, yang dilansir Carbuzz, ditulis Senin (21/2/2022), di mana ia menemukan informasi terkait paten baru yang diajukan oleh Toyota ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat. Paten tersebut, diajukan oleh raksasa asal Jepang ini pada Juni 2021, dan diterbitkan beberapa hari lalu.

Paten transmisi manual yang diajukan oleh Toyota untuk mobil listrik ini, adalah simulasi girbox yang difungsikan melalui perangkat lunak. Adapun alasannya, untuk mengadopsi teknologi yang cukup kontradiktif di tengah perkembangan fitur canggih untuk mobil listrik ini, adalah untuk meningkatkan kesenangan berkendara bagi pemiliknya.

Dasar pengembangan transmisi manual Toyota untuk mobil listrik adalah, dengan menggunakan sebuah software, teknologi ini dapat mensimulasikan nuansa peningkatan akselarasi bertahap operan gigi, fungsi kopling, hingga tuas perseneling.

Toyota daftarkan paten tranmsisi manual mobil listrik (Carbuzz)

Namun permasalahan akan muncul, jika mobil listrik menggunakan transmisi manual, terutama dalam kondisi lalu lintas. Sehingga paten selanjutnya disarankan, pengendara dapat beralih dari mode listrik ke mode manual, di mana kopling dan tuas perseneling dapat difungsikan.

Tapi, penemuan Toyota ini tidak akan memeberikan efek kesenangan seperti layaknya transmisi manual sesungguhnya. Meskipun begitu, hal ini (transmisi manual dengan menggunakan software) tetap lebih baik daripada tidak sama sekali.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )