Tiba-tiba Thailand Mau Bikin Mobil Listrik Sendiri

Mobil Listrik Buatan Thailand (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Era elektrifikasi kendaraan bermotor rupanya dinilai sebagai masa depan yang menjanjikan bagi Thailand. Negara yang berjuluk Negeri Gajah Putih itu akan membuat mobil listrik sendiri.

Mobil listrik yang dimaksud adalah Mine SPA1 yang pernah dipamerkan di Bangkok Motor Show 2019. Informasi terkini, mobil tersebut sudah tidak berbentuk purwarupa, tapi masuk dalam tahap uji jalan.

Nama Mine itu sendiri berasal dari tagline MIssion No Emission, sementara SP1 sejenis mini MPV beratap tinggi mirip Honda Freed. Mobil ini merupakan bentuk kerjasama antara group energi milik negara Thailand PTT dan perusahaan asal Taiwan, Foxconn.

Thailand menggebrak dengan rencana produksi mobil listrik lokal Mine. (carrushome.com)

Mobil listrik ini dibekali baterai 30 kWh yang menggerakkan motor 127 PS/220 Nm. Kecepatan tertinggi mobil seberat 1.400 kg dengan lima tempat duduk ini adalah 140 km per jam dan jangkauannya diklaim 200 km per pengisian daya dalam siklus NEDC.

Berbeda dengan di Indonesia dan Malaysia, Thailand memang tidak memiliki program mobil nasional. Mereka membebaskan perusahaan-perusahaan lokal untuk membuat mobil dalam negeri. Meski bukan program mobil nasional,

Thailand tetap memberikan dukungan penuh agar pelaku industri mobil dalam negeri mereka tetap berkembang. Jadi jangan kaget di Thailand ada merek mobil lokal seperti Energy Absolut, VMC dan Thai Rung. Namun di antara mereka baru Energy Absolut yang nekat bikin mobil listrik yakni MINE SPA1.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )