Bayar Tol Nirsentuh Berlaku Mulai Akhir Tahun

Ilustrasi Gerbang Tol (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Kabar baik bagi pengguna mobil yang sering melintas jalan tol. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memastikan penerapan system bayar tol tanpa berhenti berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) akan berlaku mulai Desember 2022.

Kepala BPJT, Danang Parikesit menjelaskan, aturan tersebut untuk tahap awal akan diterapkan di jalan tol Jakarta dan beberapa wilayah lain, sampai nantinya bakal menyeluruh.

“Kami akan meluncurkan sistem nirsentuh tanpa uang tunai pada akhir tahun ini. Dilakukan secara bertahap,” ungkap Danang dalam webinar Digital Payment Innovation G20 belum lama ini.

Proses pembayaran tol tanpa berhenti ini, lanjut Danang akan mengandalkan aplikasi pada smartphone sebagai sistem pembayaran. Nantinya, para pengguna jalan bisa mengunduh aplikasi Electronic On Board Unit, bernama Cantas.

Ilustrasi Bayar Tol Tanpa Sentuh (ist)

Menurut Danang, Cantas merupakan aplikasi dengan sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS). Setelah mengunduh aplikasi tersebut, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh para pemilik kendaraan. Berikut langkah-langkahnya.

  • Mengunduh aplikasi Cantas di smartphone
  • Daftarkan data kendaraan meliputi nomor polisi, nomor rangka, dan lainnya.
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan (Khusus pengguna yang ingin melakukan pembayaran dengan kartu kredit, bisa memilih opsi multi payment).

Nantinya, usai pengendara mengunduh aplikasi Cantas dan mengisi data kendaraan, selanjutnya sistem GPS yang ada pada aplikasi smartphone akan terkoneksi dengan satelit untuk mendeteksi lokasi kendaraan.

Apabila posisi kendaraan sudah terdeteksi, maka sistem akan secara otomatis melakukan tap-matching saat mobil memasuki gerbang tol. Selama berada di dalam tol, sistem akan terus mengkalkulasi jarak yang ditempuh oleh mobil tersebut.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )