AHM Set Target Vario 160 Terjual 450 Ribu Unit Setahun

All new Honda Vario 160 (Avolta)

CIKARANG, AVOLTA – PT Astra Honda Motor (AHM) memasang target penjualan yang cukup tinggi untuk skuter matik (skutik) terbarunya, All New Vario 160. Bahkan, pabrikan berlambang sayap mengepak ini, belum mau mengirim pesaing Yamaha Aerox tersebut ke luar negeri alias ekspor.

“Untuk target penjualan kami (All New Honda Vario 160), setahun 450 ribu unit,” ujar Tetsuya Komine, Direktur Pemasaran AHM, di sela-sela peluncuran All New Honda Vario 160, di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022).

Komine menjelaskan lebih lanjut, untuk saat ini pihak AHM akan berusaha keras fokus untuk memenuhi permintaan pasar dalam negeri. Namun, tidak menutup kemungkinan, untuk ke depannya, pihaknya akan melakukan ekspor jika memang ada negara lain yang menginginkan impor All New Honda Vario 160 ini dari Indonesia.

“Seperti yang selalu kami sampaikan kepada rekan-rekan jurnalis semua, bahwa kami AHM akan berusaha untuk memenuhi jika memang ada permintaan (ekspor), jika ada keinginan dari negara-negara lain utnuk mengimpor dari tempat kami. Tapi, untuk saat ini secara detail dan komplit, kami belum bisa menjawab untuk pertanyaan tersebut,” ucap Komine.

Terkait target All New Honda Vario 160 ini, memang terbilang cukup tinggi. Pasalnya, seperti dijelaskan Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM, penjualan skutik anyarnya tersebut, sudah kembali seperti periode sebelum pandemi.

“Marketnya sudah bertumbuh dari 2020. Jadi, target kami untuk Vario 160 ini sudah kembali seperti saat sebelum pandemi,” ucap dia.

Andalan baru Honda di Indonesia, Vario 160. (AHM)

Penopang Ekspor

Berbicara ekspor AHM sendiri, pada tahun lalu, raksasa roda dua asal Jepang ini, berhasil mengirim sebanyak 392.829 unit sepeda motor secara Completely Build up (CBU) sepanjang Januari hingga Desember 2021.

Jika dilihat dari produknya, segmen skutik sendiri menjadi kontributor terbesar, mencapai 92%.

Jumlah pastinya, skutik Honda yang dikirim ke luar negeri sebanyak 363.000, dan Honda vario 125 serta 150 menjadi penyumbang utama, dengan total pengiriman sebanyak 299.616 unit. Kemudian, disusul Honda PCX yang terkirim sebanyak 29.840 unit.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )