Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Tambah 2 SPKLU Lagi di Jakarta

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Ist)

Jakarta, AVOLTA – Dukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, PT PLN Persero kembali mengoperasikan dua unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta.

Dengan bertambahnya dua SPKLU di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini, merupakan SPKLU ke-16 dan 17 yang dipasang di Jakarta, dengan kapasitas 25 KW dan 30 kW.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, transisi energi merupakan keharusan yang diperlukan untuk menjaga ketersediaan energi di masa mendatang. Selain itu, hal ini juga untuk memperbaiki neraca perdagangan dengan mengurangi biaya impor energi.

“Indonesia dalam pertemuan G20 dan COP26 mencanangkan Net Zero Emission 2060 sehingga diperlukan percepatan program transisi ke penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan khususnya transportasi melalui akselerasi penggunan kendaraan listrik,” kata Bob.

Sementara itu, sebagai badan usaha yang diberi mandat untuk menjadi pelopor dan mendorong ekosistem Kendaraan bermotor Listrik berbasis Baterai (KBLBB), PLN terus berusaha untuk memenuhi target SPKLU yang harus tersedia di indonesia.

“Percepatan pengguna kendaraan listrik di Indonesia perlu di dukung dengan pembangunan infrastruktur pengisian ulang yang memadai. PLN mendapatkan penugasan dari Pemerintah untuk terdepan dalam menyediakan infrastruktur pengisian ulang kendaraan listrik,” ujarnya

PLN berencana membangun 10 unit SPKLU Ultra Fast di Bali untuk dukung KTT G20 2022. (PLN)

Darmawan menambahkan, penyediaan SPKLU di lingkungan kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM ini merupakan salah satu dukungan PLN dalam mendorong infrastruktur pengisian ulang kendaraan listrik di Indonesia.

Sebagai informasi, PLN telah berhasil menyediakan SPKLU sebanyak 96 unit EV Charger di 73 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, PLN juga berkomitmen untuk mengambil peran dalam mewujudkan akselerasi penyediaan infrastruktur pengisian ulang kendaraan listrik. Salah satunya dengan menghadirkan program partnership SPKLU, PLN membuka peluang yang seluas-luasnya bagi Badan Usaha untuk dapat berkolaborasi bersama menjadi partnership penyediaan SPKLU berbasis Sharing Economy Model.

“Kita akan memperbanyak kerjasama dengan pihak swasta untuk pembangunan SPKLU. Tahun ini yang akan kami genjot kerjasama dengan para pemilik Apartemen, pemilik pertokoan, pemilik mall dan kantor kantor BUMN,” kata Darmawan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )