Daftar Mobil Baru yang Enjoy PPnBM 0% sampai Maret 2022

Daihatsu Sigra, salah satu model yang bakal menikmati insentif PPnBM 0%, awal 2022. (ADM)

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartanto, mengumumkan bahwa insentif tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) diperpanjang. Hanya saja dengan skema berbeda dengan 2021, atau lebih dikerucutkan lagi.

Pasalnya, untuk jenis kendaraan yang berhak mendapatkan fasilitas ini, yang pertama adalah LCGC yang kini sudah dikenakan tarif sebesar 3% sesuai dengan PP 74 Tahun 2021.

Mobil yang juga disebut sebagai Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) mendapatkan potongan 3% yang ditanggung pemerintah pada kuartal pertama, kemudian potongan 2% ditanggung pemerintah pada kuartal kedua, dan potongan 1% ditanggung pemerintah pada kuartal ketiga, dan pada kuartal keempat sudah tidak lagi ditanggung pemerintah alias konsumen harus membayar PPnBM sebesar 3%.

Honda Brio Satya (Otoloka)

“Kemudian untuk otomotif antara Rp 200 juta sampai Rp250 juta, yang tarif PPnBM 15% pada kuartal satu diberikan 50% ditanggung pemerintah sehingga masyarakat membayar 7,5%,” kata Airlangga di Jakarta.

Kemudian, untuk kuartal kedua, untuk jenis kendaraan tersebut, masyarakat sudah harus membayar penuh PPnBM sebesar 15%.

Berikut daftar mobil yang dapat diskon PPnBM 100 persen sampai Maret 2022

  1. Toyota Calya: Rp149 jutaan
    2. Toyota Agya: Rp149 jutaan
    3. Daihatsu Sigra: Rp125 jutaan
    4. Daihatsu Ayla: Rp107 jutaan
    5. Honda Brio Satya: Rp153 jutaan

Harga di atas merupakan banderol resmi yang tertulis di masing-masing situs agen pemegang merek (APM) dan belum diskon PPnBM 100 persen.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )