Bayar Tol Tanpa Berhenti Bergulir Mulai Tahun Ini

Ilustrasi Gerbang Tol di Jakarta. (Jasa Marga)

JAKARTA, AVOLTA – Pengelola jalan Tol terus melakukan inovasi. Salah satu yang akan dilakukan 2022 ini, yakni memberikan layanan membayar tol tanpa berhenti atau antre, atau cukup menggunakan perangkat khusus.

Proses pembayaran di jalan tol ini terhitung mulai Juli 2022 tersedia dengan tiga metode. Pertama, pengendara dapat menggunakan aplikasi electronic-on board unit yang diunduh pada perangkat ponsel untuk berkomunikasi dengan sistem pembayaran yang ada di gerbang tol.

Kedua, pengendara dapat memasang On-Board Unit (OBU) di kendaraan yang terintegrasi dengan sistem pembayaran di gerbang tol.

Tahapan terakhir, yaitu dengan memanfaatkan electronic route ticket atau tiket sekali perjalanan. Pengguna mobil bisa memilih salah satu dari tiga cara tersebut yang dianggap paling efektif untuk kebutuhannya.

Kepala Subbidang Operasi dan Pemeliharaan I Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Galuh Permana Waluyo menuturkan, bahwa tol tanpa sentuh akan dirilis pada Juli 2022 dengan konsep Single Lane Free Flow (SLFF) pada gerbang tol yang sudah ada, terutama tol di kawasan Jabodetabek.

Ilustrasi Gerbang Tol (dok.BPJT)

Selanjutnya penerapan tahap berikutnya, yaitu Multi Lane Free Flow (MLFF) pada Desember 2022. Metode pembayaran sentuh ini diklaim akan memberi banyak keuntungan dan manfaat bagi pengguna jalan tol dibandingkan dengan sistem sebelumnya yang masih kadang menimbulkan kemacetan di sekitar gerbang tol.

Bahkan, diklaim juga keuntungan paling utama dari sistem tanpa sentuh yang memanfaatkan teknologi ini adalah membuat durasi transaksi di gerbang tol turun menjadi nol detik. Dengan begitu, transaksi di gerbang tol tidak akan menyebabkan antrean bayar.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )