Persiapan Mudik, Pilih Roof Box Mobil Sesuai Regulasi

Pemasangn roof box di mobil (OLX.co.id)

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah memberikan izin kepada masyarakat untuk mudik Hari Raya Idul Fitri 2022. Momen ini pastinya akan dimanfaatkan mengingat dua tahun terakhir dilarang pulang ke kampung halaman karena masih pandemi COVID-19.

Ketika pulang ke kampung halaman, terutama menggunakan mobil pribadi sudah pasti membawa barang bawaan yang banyak. Salah satu kebiasaannya, yaitu menyimpan barang tersebut di atap mobil.

Jangan menyimpan barang bawaan di atap mobil begitu saja, tapi harus dilengkapi dengan aksesori yang namanya Roof Box sehingga akan lebih aman dan nyaman.

Roof box adalah kompartemen tambahan yang biasanya dipasang di atap mobil. Mengacu pada Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULLAJ) nomor 22 tahun 2009, menjelaskan aturan modifikasi itu.

Ilustrasi roof box juga jadi salah satu tren modifikasi di dunia, termasuk Indonesia. (Dispoly Indonensia)

Pasal 50 ayat 1 dalam undang-undang itu menjelaskan modifikasi sebagaimana roof box yang disematkan di mobil harus dilakukan uji tipe sebagaimana yang diatur dalam pasal 49 ayat 2.

“Uji tipe sebagaimana dimaksud dalam Pasal 49 ayat (2) huruf a wajib dilakukan bagi setiap Kendaraan Bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan, yang diimpor, dibuat dan/atau dirakit di dalam negeri. serta modifikasi Kendaraan Bermotor yang menyebabkan perubahan tipe,” bunyi Pasal 50 ayat 1.

Apabila kendaraan sudah lulus uji tipe diwajibkan menyimpan sertifikat lulus uji tipe yang sudah diatur dalam pasal 51 ayat 1. Kemudian kendaraan yang sudah dilakukan uji tipe ulang harus dilakukan registrasi dan identifikasi ulang, sebagaimana yang tertuang dalam Pasal 52 ayat 4.

“Bagi Kendaraan Bermotor yang telah diuji tipe ulang sebagaimana dimaksud ayat (3) harus dilakukan registrasi dan identifikasi ulang,” bunyi Pasal 52 ayat 4.

Selanjutnya, terdapat berbagai hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli roof box.  Sebelum membel, tentunya butuh roof rack.

Roof rack adalah rangka penyangga yang ditempelkan di atap mobil sebagai fondasi roof box, biasanya material yang digunakan adalah baja atau aluminium.

Masing-masing material tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Baja lebih kuat namun berat, hal ini bakal mempengaruhi kondisi atap mobil. Bila roof rack baja dipasang pada mobil yang tidak cukup kuat bisa berbahaya.

Roof rack aluminium lebih ringan ketimbang baja, tetapi jenis ini tidak dianjurkan untuk menahan barang yang terlalu berat. Jadi sesuaikan barang yang ingin dibawa dengan jenis roof rack.

Setelah pilihan roof rack selesai, maka selanjutnya pilih ukuran roof box. Ukuran roof box bermacam-macam dan sebaiknya yang memang didesain sesuai ukuran mobil.

Selain itu, pemasangan roof box tidak tepat akan mengurangi aspek aerodinamika. Keberadaan perkakas itu sedikit-banyak mengubah alur angin dan memiliki efek resistensi pada arah laju mobil.

Maka pastikan roof box yang dipilih memiliki bentuk mendukung aerodinamika, disarankan memilih yang bentuk depannya meruncing. Perlu diketahui aerodinamika menyumbang lima persen terhadap keiritan bahan bakar.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )