Menko Airlangga Sebut 3 Mobil Listrik Siap Debut di Indonesia

Wuling KiWi EV Baojun E300, salah satu mobil listrik terlaris di Cina. (Wuling)

JAKARTA, AVOLTA – Pasar mobil listrik di Indonesia, akan semakin ramai dalam beberapa waktu ke depan. Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebutkan bakal ada tiga mobil listrik baru yang siap mengaspal di Tanah Air.

Meskipun sudah membocorkan jumlah mobil listrik yang bakal meluncur di Indonesia, namun Airlangga masih enggan membocorkan merek dan model lebih detail untuk kendaraan ramah lingkungan tersebut.

“Tahun ini, akan ada tiga pabrikan yang launching mobil listrik baru. Satu sudah kita ketahui bersama, dua lainnya akan kita ketahui kemudian,” ujar Airlangga, di sela-sela pembukaan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, di JIexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, kamis (1/4/2022).

Saat ini, satu mobil listrik yang sudah diketahui akan diproduksi di Tanah Air, adalah Hyundai Ioniq 5. Bahkan, saat prosesi pengenalannya di pabrik, sebagai tanda model ramah lingkungan asal Korea Selatan ini siap dirakit, dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Hyundai Ioniq 5 mau dirakit lokal di Indonesia, paling mungkin berstatus IKD. (insideEV)

Di luar model dari Negeri Ginseng tersebut, Airlangga menyebutkan, ada satu mobil listrik murni juga yang siap diproduksi di Tanah Air. Bahkan, ia menyebutkan produksi akan dilakukan [pada kuartal ketiga tahun ini.

“Dan akan ada pabrikan lagi yang melakukan produksi di bulan September, mobil listrik juga,” tambah Airlangga, seperti memberikan teka-teki.

Sementara itu, kehadiran mobil listrik murni di pasar nasional sekaligus menegaskan jika usaha terkait percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLB) di Indonesia bisa sesuai rencana.

“Paling penting, ke depan mobil listrik menjadi sebuah keharusan, karena dengan ketidakpastian global meningkatkan harga dari bahan bakar,” pungkas Airlangga.

 

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )