Mitsubishi Umumkan Recall L300, Ini Biang Keladinya

JAKARTA, AVOLTA – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan kampanye pemeriksaan untuk model Mitsubishi L300 yang diproduksi antara Juni 2022 hingga Januari 2024.
Kampanye ini dimulai sejak 6 Agustus 2025, dan mencakup 30.823 unit L300 yang berpotensi mengalami kerusakan pada komponen connecting rod (batang penghubung) mesin.
Investigasi internal menemukan potensi mesin mati mendadak akibat dua penyebab utama: performa kedap air yang buruk pada konektor di engine control harness, serta kerusakan injector yang dipicu kontaminasi bahan bakar dan penggunaan saringan bahan bakar non-orisinal.
Dijelaskan Atsushi Kurita, President Director PT MMKSI, program kampanye pemeriksaan merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors di seluruh proses kepemilikan kendaraan, dengan menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan guna memastikan keamanan dan kenyamanan, serta menjamin layanan di periode purna jual bagi para pengguna di Indonesia.
“Kami mengundang konsumen Mitsubishi L300 dengan kendaraan terlibat untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya dengan prosedur yang mudah dan tanpa biaya,” ungkap Atsushi Kurita, dalam keterangan resmi, Jumat (8/8/2025).
Dalam pelaksanaannya, seluruh unit terlibat akan diperiksa di diler resmi Mitsubishi Motors. Bila ditemukan komponen bermasalah, teknisi akan melakukan penggantian terhadap bagian seperti harness, common rail, dan pipe.
Selain itu, konsumen juga akan mendapatkan penggantian fuel filter secara cuma-cuma. Sebagai bentuk apresiasi, MMKSI memberikan tambahan 10 fuel filter orisinal gratis yang akan diberikan sesuai dengan jadwal servis berkala.
Tak hanya fokus pada perbaikan, Mitsubishi juga memastikan peningkatan kualitas produksi L300. Sejak 1 Februari 2024, unit yang diproduksi telah menggunakan kabel kontrol mesin baru dengan daya tahan air yang lebih tinggi, berkat koordinasi antara MMKSI dan pabrik perakitan MMKI.
Konsumen yang ingin berpartisipasi dapat menunggu undangan resmi dari diler, atau langsung menghubungi layanan pelanggan Mitsubishi melalui hotline 0804-1-300-300, WhatsApp MIRA di 0811-1301-1300, atau aplikasi My Mitsubishi Motors. Nomor rangka kendaraan juga dapat dicek melalui laman kampanye resmi.
Proses pengecekan dan perbaikan ini tidak dikenakan biaya dan diperkirakan memakan waktu antara satu hingga empat jam, tergantung kondisi kendaraan.
