Toyota Pelajari Potensi Platform TNGA untuk Model Lain

Toyota Land Cruiser 300 GR-S merupakan varian termahal SUV flagship yang dijual di Indonesia. (TAM)

JAKARTA, AVOLTA – Sejak diperkenalkan pada 2015, platform Toyota New Global Architecture  (TNGA) telah memiliki beberapa turunan model. Pertama tentunya TNGA-C yang masuk dalam C-Segment atau mobil kompak.

Pengguna platform ini sudah banyak, mulai Toyota Prius, C-HR, hingga keluarga besar Corolla. Di Indonesia, baik Prius, C-HR, dan Corolla sudah menggunakan platform serupa.

Selanjutnya platform TNGA-K yang masuk dalam D-Segment atau mobil ukuran medium. Pengguna sasis ini di antaranya pada Toyota Camry, Harrier, dan RAV4. Dari ketiganya baru Camry yang dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Selain itu, ada juga platform TNGA-N yang masuk dalam E-Segment atau mobil ukuran besar. Modelnya seperti Toyota Crown dan Mirai.

Platform lainnya, yaitu TNGA-B yang dipakai di B-Segment atau sub kompak.  Secara global, model yang memanfaatkan hatchback Toyota Yaris, Yaris Cross dan hothatch Toyota GR Yaris.

Toyota GR Yaris di Jepang – dok.Toyota

Terakhir, TNGA-F yang dihadirkan untuk SUV premium. Model yang menggunakan platform ini adalah All New Land Cruiser. SUV ini sudah resmi diluncurkan di Indonesia pada Kamis 13 Januari 2022.

Selain model yang disebutkan di atas apakah ada mobil lainnya yang akan menggunakan platform TNGA? Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Fumitaka Kawashima mengatakan, tentunya potensi itu akan dipelajari lebih lanjut sambil mengetahui bagaimana perkembangan pasar.

“Kedepannya kita akan terus melakukan studi dan memberikan yang terbaik untuk konsumen di Indonesia. Jadi tentu kita pelajari TNGA untuk mode yang lainnya, ditunggu saja,” ungkap Kawashima di Jakarta, Kamis (3/1/2022).

All New Land Cruiser dibangun menggunakan sasis TNGA-F namun masih mempertahankan struktur body-on frame khas Land Cruiser. Penggunaan platform baru tersebut diiringi pemangkasan bobot sekaligus penurunan center of gravity, penyempurnaan distribusi bobot dan penyempurnaan struktur suspensi.

 

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )