Mudik Pakai Mobil Listrik, Ini Lokasi SPKLU di Tol Trans Jawa

Pemerintah Tambah 10 SPKLU di Indonesia Timur (Dok PLN)

JAKARTA, AVOLTA – Populasi mobil listrik di Indonesia memang belum terlalu banyak seperti di luar negeri. Apabila mengacu pada data yang dirilis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kendaraan listrik di Indonesia sampai akhir 2021 baru mencapai 14.400 unit.

Rinciannya, 1.656 mobil penumpang, 262 kendaraan roda tiga, 12.464 sepeda motor listrik, 13 bus, dan 5 mobil barang.

Meski relatif belum banyak, tapi dipastikan tahun ini ada saja yang mencoba mudik menggunakan mobil listrik dan melintas di Tol Trans Jawa. Sebelum memutuskan untuk berjalan, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui posisi tempat pengisian baterai di sepanjang jalan tol Trans Jawa.

Lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), yaitu berada di Rest Area Km 207 A Ruas Palikanci, Rest Area Km 379 A Ruas Batang-Semarang, serta Rest Area Km 519 A dan B Ruas Solo-Ngawi.

Salah Satu SPKLU di Rest Area Tol Trans Jawa (PLN)

Direktur Bisnis Komersial PT JMRB Imad Zaky Mubarak mengatakan, pihaknya akan terus menambah jumlah SPKLU di rest area yang dikelola JMRB atau oleh kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Penyediaan SPKLU di rest area bertujuan untuk menyiapkan sarana guna mendukung implementasi Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Perlu diketahui juga, setidaknya di Indonesia kurang lebih terdapat sekitar 7 jenis mobil listrik yang dipasarkan. Mulai Hyundai Kona Listrik dengan jarak tempuh 289 Km sampai yang paling mahal Tesla Model X 75D dengan jarak tempuh 355 km.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )