Lebih Aman Mana, Mobil Pakai Lampu Putih atau Kuning?

Ilustrasi Cahaya Lampu Mobil (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Jenis lampu mobil relatif beragam yang digunakan, termasuk bicara soal warna. Paling umum ditemui, yaitu kuning dan putih. Biasanya yang putih itu sudah menggunakan teknologi LED, sedangkan kuning masih bohlam.

Bicara mengenai tampilan, jelas lampu LED jauh lebih modern ketimbang jenis bohlam. Tapi tentunya masing-masing memiliki keuntungan dan kekurangan.

Lantas, dari aspek keamanan sebaiknya pakai lampu warna kuning atau putih?

Menurut penjelasan Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan, secara keselamatan berkendara, baik lampu utama berwarna kuning dan putih punya sisi positif dan negatif.

“Lampu warna kuning lebih aman untuk pengendara lain karena lebih nyaman di mata. Bukan Cuma itu, juga lebih mampu menembus saat kondisi hujan dan kabut,” ungkap Marcell belum lama ini di Jakarta.

Marcell juga mengatakan, model lampu seperti itu juga ada kekurangannya, yaitu visibilitas justru lebih rendah saat kondisi jalan normal.

Sementara mengenai lampu berwarna putih menurut Marcell secara visibilitas menguntungkan untuk pengemudi karena bisa melihat kondisi di sekitar jalan lebih jelas. Tapi tidak nyaman untuk pengemudi atau pengguna kendaraan lain.

“Jadi masing-masing punya kekurangan dan kelebihannya. Meskipun tetap menggunakan warna putih maka jangan yang terlalu terang sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya,” kata Marcell.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )