Skuter Listrik Honda U-Go Mulai Masuk Indonesia

JAKARTA, AVOLTA – Setelah meluncur pertama kali pada Agustus 2021, skuter listrik Honda U-Go mulai masuk Indonesia secara resmi. Meskipun masuk ke Indonesia ini baru sekadar daftar di Pangkalan Data Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Memang sih, namanya daftar paten bukan berarti kalau model ini bakal dipasarkan. Tapi, bisa juga jadi salah satu indikasi.

Biar bagaimanapun, Honda sebagai penguasa pasar sepeda motor Indonesia, pasti tidak mau ketinggalan jualan motor listrik.

Dari situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (9/1/2022), paten desain motor listrik yang mirip dengan Honda U-Go itu sudah dilindungi sejak 19 Agustus 2021.

Pada deskripsi kegunaan produk, desain yang diajukan termasuk dalam kategori alat transportasi berupa motor skuter.

Sementara itu, pemohon desain ini tertulis Honda Motor Co., Ltd yang beralamat di Tokyo, Jepang. Sedangkan desainernya ialah Maxime Thouvenin dari Prancis, dan Xin Yuan dari China.

Meski tidak ada paten nama model yang didaftarkan, tapi dari desain bentuknya mirip dengan Honda U-Go yang sudah dijual  di Cina. Wujudnya seperti Honda BeAT, tapi yang ini listrik murni alias sudah tidak menenggak bensin lagi.

Honda membekali skuter listrik ini dengan motor listrik 1,2 kW bertenaga 1,8 kW, setara  24 Hp, dengan kecepatan maksimal 53 kpj. Juga ada pilihan 0,8 kW atau setara 10 Hp, dengan kecepatan maksimal 43 kpj.

Skuter listrik ini memanfaatkan asupan energi dari baterai lithium-ion 48V dan 30Ah dengan kapasitas 1,44 kWh. Klaim Honda, baterai mampu mengajak skuter listrik menempuh jarak 65 km, bahkan bisa hingga 130 km jika ada baterai kedua.

Di Cina, Honda memasarkan U-Go dengan banderol 7.499 yuan atau Rp 16,7 juta.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )