Proving Ground Bekasi Terbesar ASEAN Rampung Akhir 2023

JAKARTA, AVOLTA – Proses pembangunan Proving Ground atau Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) ditargetkan selesai pada akhir tahun 2023. Fasilitas itu diklaim terbesar dan terlengkap di ASEAN.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa, Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG) merupakan pemenang tender Proving Ground di Bekasi, Jawa Barat, sedangkan Japan Bank of International Corporation (JBIC) adalah lembaga keuangan Jepang selaku pihak yang mendanai proyek ini.

“Dengan ditandatanganinya loan agreement hari ini, menjadi langkah yang baik untuk mempercepat proses pembangunan Proving Ground di awal tahun ini dan ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun ini,” tutur Budi dalam keterangan resmi, ditulis Sabtu (4/3/2023).

Budi menambahkan, kehadiran Proving Ground sangat penting untuk meningkatkan standarisasi kendaraan yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, baik dari sisi keselamatan, kemananan, kenyamanan, dan juga rendah emisi karbon sehingga lebih ramah lingkungan.

Bukan hanya itu, menurut dia kehadiran fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing industri otomotif nasional baik domestik maupun internasional.

Bahkan, kerja sama pembangunan Proving Ground juga akan semakin meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Jepang yang sudah terjalin baik selama 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

“Pembangunan Proving Ground mempunyai arti yang sangat strategis untuk memenuhi kebutuhan produk otomotif baik di dalam negeri maupun untuk pasar ekspor,” kata Budi.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )