Aismoli Sumringah Dapat Insentif Motor Listrik

Jokowi Pastikan Insentif untuk Sepeda Motor Listrik Bakal Disahkan Duluan (AHM)

Jokowi Pastikan Insentif untuk Sepeda Motor Listrik Bakal Disahkan Duluan (AHM)

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah Indonesia resmi memberikan insentif kepada konsumen yang membeli sepeda motor listrik baru dan hasil konversi, senilai Rp 7 juta per unit. Langkah tersebut mendapatkan apresiasi dari Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli).

Ketua Aismoli Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya mendukung langkah pemerintah untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik dengan pemberian insentif melalui penerbitan Peraturan Menteri Perindustrian Tahun 2023.

“Kami Aismoli akan menindaklanjuti program ini dengan sebaik mungkin dengan mendukung pelaksanaannya di lapangan,” tutur Budi dalam keterangan resmi yang ditulis, Kamis (23/3/2023).

Budi menjelaskan, berdasarkan data Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, saat ini sebanyak delapan perusahaan berbasis kendaraan listrik dengan 13 model telah mencapai tingkat komponen lokal dalam negeri.

Motor Listrik United T1800(Foto: APHIT McKlein)

“Karenanya kami tidak ingin kehilangan momen untuk turut serta dalam program ini, kita patut memberikan apresiasi,” kata Budi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemberian insentif kendaraan listrik ditujukan salah satunya agar masyarakat dapat membeli kendaraan listrik dengan harga terjangkau.

Luhutpun mengakui bahwa kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia masih cukup mahal bagi beberapa kalangan.

CATEGORIES
TAGS