Mada 9, Purwarupa Mobil Sport yang Dibikin Taliban

Mada 9, mobil sport produksi Taliban (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Taliban kini menjadi sorotan di dunia otomotif, karena kelompok yang menguasai pemerintah Afganistan itu berhasil membuat mobil sport, Mada 9. Mobil tersebut dibangun dari lima tahun lalu dan pada 2023 ini resmi dipamerkan ke masyarakat luas.

Melansir laman businessinsider.com, Senin (23/1/2023), purwarupa mobil sport rakitan lokal Taliban ini semuanya dilapisi warna hitam sehingga terlihat sangar. Mobil ini juga dibangun oleh perusahaan bernama Entop dengan tim yang terdiri dari 30 insinyur dan perancang dari Institut Kejuruan Teknis Afghanistan (ATVI).

Desainer mobil sport Mada 9, Mohammad Riza Ahmadi, menjelaskan kepada media lokal di Afghanistasn, bahwa dia berharap mobil tersebut bisa menjadi mercusuar bagi negara tersebut.

“Mobil ini akan menjadi duta dan akan melaju melintasi Afghanistan serta menyampaikan nilai ilmu kepada masyarakat,” ungkap Ahmadi.

Menurut dia, mobil sport ini diklaim sudah mendapatkan penawaran untuk dibeli oleh beberapa orang. Namun, Mada 9 untuk saat ini masih dalam tahap prototipe dan belum ada rencana untuk dijual massal.

Secara spesifikasi belum terungkap, namun kabarnya mobil sport ini menggendong mesin berbasis Toyota Corolla Cross 1,8 liter DOHC 16-Valve VVT-i yang dapat menghasilkan 166 Tk hingga 187 Tk.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )