Insentif Motor Listrik Siap Diumumkan, Bagaimana Mobil Listrik?

Ilustrasi colokan cas mobil listrik Honda e. (Honda)

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, subsidi kendaraan listrik untuk sepeda motor diharapkan bisa diumumkan bulan depan, tepatnya Februari 2023.

Sedangkan besaran insentif yang akan diberikan untuk roda dua ramah lingkungan ini, sekitar Rp 7 juta.

“Mudah-mudahan enggak ada hambatan lagi, kita dengerin, sudah, tapi saya minta supaya detail mudah-mudahan minggu depan, tanggal Februari awal,” ujar Luhut, di Hotel Fairmont, Jakarta.

Lalu, dengan sudah jelasnya insentif yang akan diberikan untuk sepeda motor listrik, bagaimana dengan subsidi untuk mobil listrik?

“Sudah didesain (insentif mobil listrik) angkanya nanti berapa dan pembuktian siapa yang akan jadi kuasa pengguna anggaran karena itu ada alokasi untuk subsidinya,” jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Selain itu, Sri Mulyani juga mengatakan terkait dengan insentif yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)maka pihak kementerian harus terlebihi dahulu berkonsultasidengan DPR.

“Kami sebagai pengelola keuangan negara harus memberitahukan kepada DPR bahwa akan pos baru ini,” tutur Menkeu.

Namun, Sri Mulyani tidak memberikan informasi detail, terkait pengumuman resmi kapan insentif untuk mobil listrik ini diberlakukan.

Sebagai informasi, pemerintah memang telah memberikan wacana terkait pembelian kendaraan listrik, Besarannya diskon untuk mobil listrik baterai ini, sekitar Rp 80 juta dan untuk hybrid Rp 40 juta.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )