India Geser Jepang Jadi Pasar Mobil Terbesar Ketiga Dunia

Asapi Jepang, India Jadi Pasar Mobil terbesar Ketiga di Dunia (economictimes)

BEIJING, AVOLTA – India telah menggeser Jepang menjadi pasar mobil terbesar ketiga di dunia pada 2022.

Menurut perkiraan S&P Global Mobility, penjualan kendaraan ringan di Tanah Hindustan pada 2022 mencapai 4,4 juta unit. Jumlah tersebut mencatatkan pertumbuhan sebesar 23,4%.

Sebaliknya, Jepang mengalami penyusutan penjualan sebesar 4,4%. Berarti, penjualan kendaraan domestik India akan lebih tinggi dari Jepang untuk pertama kalinya.

Sementara itu, Cina tetap menjadi pasar mobil terbesar dengan 24,8 juta unit terjual pada tahun lalu. Jumlah tersebut, menjadikan negeri Tirai Bambu ini mengalami peningkatan pertumbuhan sebesar 3,6%.

Sedangkan Amerika Serikat menempati posisi kedua, dengan mampu menjual sebanyak 13,8 juta unit mobil.

Dari sisi produksi, India tetap jadi produsen kendaraan ringan terbesar keempat. Data menunjukan, lebih dari 5 juta unit diproduksi pada 2022, dibandingkan dengan hanya 3,8 juta unit pada 2012.

India sendiri merupakan pasar dengan pertumbuhan tercepat pada 2022, dan membukukan pertumbuhan dua digit lebih dari 20%.

Gaurav Vangaal, Associate Director S&P Global Mobility mengatakan, India adalah salah satu dari tiga pasar dalam deretan 10 besar yang mencatatkan pertumbuhan dalam 10 tahun terakhir.

Pada 2023, S&P Global Mobility mengharapkan produksi kendaraan ringan di India bisa tumbuh 5% sampai 8%.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )