BYD dan Tesla Rebutan Gelar BEV Terlaris Dunia

Suasana booth pameran BYD di Paris Motor Show 2022. (BYD Europe)

JAKARTA, AVOLTA – BYD resmi merilis penjualan kendaraan listrik selama 2022. Pabrikan asal Cina ini, mencatatkan hasil yang cukup baik, dengan peningkatan yang eksponensial.

Bahkan, jumlahnya hampir mendekati Tesla yang saat ini masih mempimpin sebagai produsen dan penjual roda empat nol emisi terbesar di dunia.

Disitat dari insidevs, pada 2022, BYD mampu menjual sebanyak 911.410 unit mobil listrik murni atau battery electric vehicle (BEV). Jumlah tersebut, melesat 184% dibanding tahun sebelumnya.

Jika menghitung tambahan mobil hybrid dan PHEV yang dijual BYD, maka catatan penjualan keseluruhan mencapai 1.868.543 unit sepanjang tahun lalu.

Sementara itu, Tesla yang saat ini masih menjadi produsen dan penjual terbesar mobil listrik mampu mencetak rekor penjualan sebanyak 1.313.851 unit sepanjang tahun lalu.

Tapi, jika dilihat dari pertumbuhannya, Tesla hanya meningkat 40% dibanding periode yang sama tahun lalu. Sedangkan BYD mengalami peningkatan penjualan sebanyak 184% dibanding 2021.

Jika BYD terus konsisten untuk mempertahankan volume penjualan kendaraan listriknya tersebut, maka jenama asal Negeri Matahari Terbit ini mampu menyalip Tesla sebagai pemimpin mobil listrik pada 2022.

Sebagian besar kendaraan yang dijual oleh BYD dihargai antara Rp227,2 juta dan Rp454,7 juta yang membuatnya jauh lebih murah dibanding mobil yang dijual oleh Tesla, serta perusahaan China lainnya seperti Nio dan Xpeng.

Sedangkan berdasarkan model yang memberikan konbtribusi terbesar, Song BEV dan PHEV menjadi tulang punggung penjualan BYD dan menjadi SUV listrik terlaris di Cina.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )