Akio Toyoda Undur Diri, Koji Sato Resmi Jadi Presiden Toyota

Akio Toyoda (kanan) dan Koji Sato lagi menikmati mobil Toyota terbaru. (Toyota Youtube)

JAKARTA, AVOLTA – Chief Executive Officer Toyota Motor Corporation (TMC) Akio Toyoda mengundurkan diri dari jabatannya dan beralih menjadi chairman efektif per 1 April 2023. Estafet kepemimpinan diambil alih oleh Presiden Lexus saat ini, yaitu Koji Sato.

“Presiden baru akan diisi oleh Koji Sato dan sudah diputuskan dalam rapat BOD hari ini. Dari situ secepatnya saya siapkan pertemuan ini,” ucap Toyoda dalam siaran Toyota Times, Kamis (26/1/2023).

Toyoda menjelaskan, dia akan berbagi alasan mengenai keputusan mengambil langkah ini. Pertama sudah bekerja sangat keras dalam setiap bidang yang dijalankan. Selain itu, sukses memegang filosofi Toyota dengan kuat termasuk mempraktikkannya.

“Saya berpikir transformasi yang terbaik buat Toyota atas kondisi ini adalah saya mengisi posisi chairman guna mendukung presiden baru Toyota,” kata dia.

Mengutip Reuters, Sabtu (28/1/2023) Toyoda menjabat sebagai CEO Toyota sejak 2009 dan akan menggantikan chairman sebelumnya, Takeshi Uchiyamada. Pergantian ini disebut sebagai strategi untuk menghadapi peralihan ke era mobil listrik.

(ki-ka) Akio Toyoda, Koji Sato, dan Takeshi Uchiyamada. (Toyota)

Kabar digantinya pria berusia 66 tahun itu sudah menjadi fokus para investor, tetapi pengumuman siapa yang menggantikannya ternyata cukup mengejutkan.

Kabarnya, selama di bawah kepemimpinan Toyoda, pabrikan dinilai agak lambat mengikuti pendekatan ke mobil listrik. Alih-alih, cucu pendiri Toyota itu masih mengandalkan teknologi hibrida dan nitrogen sebagai teknologi yang dinilainya juga penting.

Menurut dia, tim baru yang akan ada di bawah Presiden Koji Sato punya misi untuk mentrasnformasi Toyota menjadi perusahaan mobilitas.

“Saya pikir Koji Sato juga seorang pembuat mobil seperti saya. Usia dia sekarang sama dengan usia saya saat ditunjuk jadi presiden Toyota. Dia punya semangat muda, dan rekan kerja yang bisa diandalkan,” ujar Toyoda.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )