VinFast Kirim 999 Unit Mobil Listrik Perdana ke Amerika Serikat

VinFast Perdana Kirim 999 Unit Mobil Listrik ke Amerika Serikat (Reuters)

HANOI, AVOLTA – Pabrikan mobil asal Vietnam, VinFast mulai pengiriman gelombang pertama mobil listrik ke Amerika Serikat (AS). Pengiriman ini, merupakan awal dari perjanjian lima tahun pengembangan pusat produksi mobil di negara Asia Tenggara tersebut, untuk pasar Amerika Utara dan Eropa.

Disitat dari Reuters, Jumat (25/11/2022), sebanyak 999 unit mobil listrik dikirim pada tahap pertama ini.

“Mobil listrik pertama diharapkan akan diserahkan kepada pelanggan pada akhir Desember,” tulis pernyataan perusahaan.

Kepala Eksekutif VinFast, Le Thi Thuy mengatakan, beberapa SUV listrik VF 8 akan dikirim ke layanan berlangganan mobil AS  Autonomy. Namun, sebagian besar kendaraan akan langsung menuju ke pembeli eceran yang telah memesan mobil tersebut.

Selain itu, VinFast menjelaskan, angka 999 unit yang dikirim secara perdana dipilih karena dianggap sebagai angka keberuntungan di Vietnam. “Tidak ada yang lebih beruntung dari 999,” kata Thuy.

Kendaraan listrik VinFast (Reuters)

Sementara itu, diharapkan pengiriman gelombang kedua mobil listrik VinFast ke AS, yang merupakan pasar ekspor pertamanya, bisa dilakukan pada Januari 2023. Saat ini, vinFast sendiri tengah dalam proses pembangunan pabrik kendaraan listrik di Carolina Utara, yang masih menunggu persetujuan regulasi akhir dari pejabat setempat.

Thuy mengatakan perusahaan diharapkan untuk memulai produksi di pabrik North Carolina mulai Juli 2024.

Kendaraan listrik yang dibangun di sana akan memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif berdasarkan ketentuan Undang-Undang Pengurangan Inflasi yang ditandatangani oleh Presiden AS Joe Biden.

Seperti yang tertera dalam peratuan, pembuat mobil wajib untuk memiliki 50 persen mineral penting yang digunakan dalam baterai EV berasal dari Amerika Utara atau sekutu AS pada tahun 2024. Jumlah ini akan meningkat menjadi 80 persen pada akhir 2026.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )