AHM Siapkan Strategi Motor Listrik di Indonesia

Honda PCX Electric (AHM)

JAKARTA, AVOLTA – Perkembangan era elektrifikasi sepeda motor listrik di Indonesia menarik untuk diikuti, apalagi para produsen sudah mulai bersaing memasarkan produknya di pasar. Namun, sekarang ini di dalam negeri pemainnya masih dominan dari produk Cina.

Lihat saja di pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) yang diselenggarakan pada 22-31 Juli 2022 di JIExpo, Kemayoran, banyak produk Cina, lalu di-rebranding menjadi merek lokal. Fenomena ini begitu terasa dari berbagai motor listrik yang sporadis meluncur di Indonesia, umumnya punya kesamaan, mulai desain, teknologi, atau asal pabrik yang serupa.

Sebagai penguasa pasar roda dua di Indonesia, tentunya PT Astra Honda Motor (AHM) tidak tinggal diam melihat fenomena itu, karena sejauh ini telah mempersiapkan strategi terbaik untuk menarik minat masyarakat.

Berdasarkan keterangan resmi, AHM akan mengumumkan strategi dan roadmap bisnis sepeda motor listrik dalam tahun ini. Tentunya sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam mengakselerasi kehadiran sepeda motor listrik di Indonesia.

Komitmen kuat ini merupakan bagian dari target realisasi netralitas karbon sepeda motor Honda di seluruh dunia selama tahun 2040-an yang diinisiasi Honda Motor Co., Ltd.

Secara global, Honda akan menghadirkan 10 model sepeda motor listrik pada 2025 dan dalam lima tahun ke depan Honda Motor co menargetkan penjualan 1 juta unit sepeda motor listrik dan mencapai 3,5 juta pada 2030.

President Director AHM Keiichi Yasuda menjelaskan, saat ini tren kendaraan ramah lingkungan berbasis listrik semakin menguat, termasuk di Indonesia. Sebagai produsen sepeda motor terbesar di negara ini, AHM, yang berupaya terus mengurangi emisi CO2 pada sepeda motor berbahan bakar (internal combustion engine/ICE).

“Kami sudah bekerjasama dengan berbagai pihak dalam riset dan pengembangan sepeda motor listrik dan infrastruktur pendukungnya, termasuk dalam rantai bisnis baterai. Paling lambat akhir tahun ini, kami akan menginformasikan strategi dan roadmap bisnis sepeda motor listrik Honda di Indonesia,” ujar Yasuda.

Honda berkomitmen untuk mempercepat elektrifikasi sepeda motor sebagai fokus utama strategi yang berkontribusi pada lingkungan dan terus melanjutkan kemajuan ICE. AHM pun memiliki komitmen kuat terhadap hal ini.

Komitmen besar AHM dalam elektrifikasi sepeda motor telah dibuktikan sejak tahun 2019 dengan memproduksi Honda PCX Electric di pabrik AHM di Sunter, Jakarta Utara. Honda PCX Electric dilengkapi dengan dua unit baterai portable (Honda Mobile Power Pack) yang dapat diisi ulang dengan menggunakan dua mekanisme, yaitu swap sistem dan on board charging.

Selanjutnya, Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menindaklanjuti kebijakan pemerintah tentang kendaraan listrik, perusahaan dalam waktu dekat akan menyampaikan rencana dan langkah strategiknya dalam menghadirkan sepeda motor listrik bagi konsumen setia Honda di Indonesia.

Perusahaan menyiapkan jaringan bisnis dan ekosistemnya agar dapat memberikan pelayanan yang paling sesuai untuk era kendaraan listrik di masa mendatang.

“Dukungan kami sangat penuh terhadap pemerintah dalam mewujudkan percepatan program kendaraan bermotor listrik. Kami ingin dapat segera memberikan sepeda motor listrik berkualitas, aman buat konsumen, dan dukungan layanan purna jual terbaik seperti yang telah kami implementasikan selama ini dalam menemani masyarakat mewujudkan mimpi mereka melalui sepeda motor berbahan bakar,” kata Loman.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )