Indonesia Lagi Hipe Cari Info Kendaraan Listrik Via Google

Hyundai Ioniq 5 mau dirakit lokal di Indonesia, paling mungkin berstatus IKD. (insideEV)

JAKARTA, AVOLTA  – Popularitas kendaraan listrik di Indonesia tengah mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan, di dunia maya, pencarian terkait mobil ataupun motor ramah lingkungan semakin tinggi.

Data Google Trends di Indonesia menunjukan, penelusuran terkait merek mobil yang produksi kendaraan listrik naik 300%. Jumlah tersebut, terhitung selama setahun dari 2020 hingga 2021.

Calon konsumen menggunakan Google Search dan Youtube untuk memulai dan menyelesaikan perjalanan pembelian dengan penelusuran untuk topik terkait kendaraan hibrida naik 53% selama periode yang sama. Sedangkan penelusuran untuk kata kunci mobil listrik naik 60% di Youtube.

Selain itu, tren terkini juga menunjukan volume penelusuran untuk kendaraan listrik di Google sebesar 30% lebih tinggi dibanding penelusuran untuk SUV dan hatchback dari Agustus 2021 sampai Juli 2022.

Motor listrik Oyika (Ist)

Penelusuran untuk motor listrik di YouTube juga naik 85% selama periode yang sama. Tren lainnya yang terlihat adalah penelusuran untuk dealer terdekat naik 43% pada periode yang sama.

“Kita tentu dapat melihat bahwa orang Indonesia ingin tahu tentang kendaraan listrik, tetapi kita juga melihat keinginan yang lebih besar untuk membelinya,” ungkap Karlina Ayuningtyas, Industry Analyst, Google Indonesia.

Sebagai informasi, penelusuran untuk harga kendaraan listrik sendiri mencapai 35% dari penelusuran terkait EV secara keseluruhan.

“Sementara 29% dari penelusuran terkait hybrid adalah penelusuran untuk informasi harga,” tukas Karlina.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )