Akio Toyoda Langsung Gas GR Yaris Hidrogen di WRC Belgia

President & CEO Toyota Akio Toyoda menjajal langsung prototipe GR Yaris H2 berbahan bakar hydrogen (autocar)

JAKARTA, AVOLTA – President & CEO Toyota Akio Toyoda menjajal langsung prototipe GR Yaris H2 berbahan bakar hidrogen. Dia memanfaatkan seri World Rally Championship (WRC) di Belgia, belum lama ini.

Toyoda berada di balik kemudi dan didampingi oleh juara WRC empat kali Juha Kankkunen yang bertugas sebagai co-driver. Pengujian kendaraan prototipe berbahan bakar hidrogen ini pertama kali dilakukan di luar Jepang oleh Toyota.

Melalui pengujian ini, Toyoda ingin membuktikan bahwa kemampuan mesin hidrogen juga bisa sebanding dengan mesin pembakaran internal.

Bahkan, Toyoda optimistis, teknologi hidrogen yang dimiliki oleh Toyota bisa menjadi alternatif untuk negara-negara yang tengah menggalakkan mobilitas nol emisi, salah satunya Eropa.

“Teknologi pembakaran hidrogen memungkinkan mobil menjadi nol-emisi relatif terjangkau karena memungkinkan produsen untuk mengeksploitasi pengetahuan mesin pembakaran internal yang ada dan investasi manufaktur,” ungkap Toyoda.

Melansir laman Autocar, Selasa (30/8/2022), prototipe GR Yaris H2 yang digunakan Toyoda menggunakan perangkat pengisian bahan bakar yang sama dengan Toyota Mirai. Terdapat sedikit modifikasi seperti penguatan blok mesin agar mampu menahan letupan dari hidrogen, serta peningkatan pada sistem injeksi.

Toyota juga memastikan telah memutuskan untuk menggunakan motorsport sebagai wadah pengembangan mobil hidrogen saat ini. Tujuannya agar tim dapat lebih cepat mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dapat diaplikasikan pada kendaraan versi produksi massal di masa depan.

“Ketika kami memulainya, kami menciptakan sedikit getaran dan sedikit kebisingan, jadi jelas dan jelas bagaimana suaranya. Itulah salah satu hal yang ingin kami tunjukkan: dibandingkan dengan teknologi sel bahan bakar, yang sangat senyap, Anda masih bisa mendapatkan perasaan ini dari olahraga, di mana Anda dapat mendengar dan merasakan mobil,” tutur Thiebault Paquet, Head of Fuel Cell Business and Powertrain R&D, Toyota Motor Europe.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )