Penjualan Mobil Eropa Terburuk Dalam Dua Setengah Dekade

Ilustrasi penjualan mobil (Reuters)

JAKARTA, AVOLTA – Krisis rantai pasokan dan juga rekor inflasi yang melanda industri otomotif Eropa. Belum lagi penyaluran energi yang tersendat karena konflik Rusia  Vs Ukraina semakin memperburuk kondisi industri. Alhasil, pasar mobil di Eropa terpuruk mencapai titik terendah dalam dua setengah dekade terakhir, 26 tahun atau sejak 1996.

Disitat dari Hindustan Times, Asosiasi Produsen Mobil Eropa (EAMA) mencatat penjualan mobil di Benua Biru pada Juni 2022 hanya 1,07 juta unit atau turun 17% dibandingkan periode yang sama 2021.

Jika dilihat dari masing-masing pabrikan, Volkswagen paling terpukul. Penjualan jenama asal Jerman ini pada Juni 2022 terkoreksi hingga 24%, dibandingkan periode yang sama 2021.

Ilustrasi penjualan mobil di Eropa (Reuters)

Sementara itu, Volkswagen, BMW, dan Mercedes-Benz sejatinya telah mengungkapkan jika masalah krisis cip semikonduktor sudah mulai membaik mulai Juni lalu.

Tapi, perlu waktu untuk meningkatkan kapasitas produksi sehingga memungkinkan diler membuka pemesanan lebih banyak.

Beberapa laporan juga menyebutkan, pasar mobil di Eropa mungkin tidak akan bisa pulih dari segi penjualan dalam waktu dekat. Pasar roda empat di Eropa sendiri diprediksi akan terus mengalami penurunan selama 12 bulan ke depan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )