Pemerintah Siap Uji Coba Angkutan Kendaraan Listrik

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah terus menggenjot percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Salah satunya, dengan mendorong produsen hingga menyiapkan infrastruktur, serta melakukan edukasi terkait mobil maupun motor listrik kepada masyarakat.

Bahkan saat ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan tengah mengkaji proyek penyediaan dan juga konversi kendaraan bertenaga listrik.

Nantinya, salah satu lokasi untuk penggunaan angkutan kendaraan ramah lingkungan ini adalah destinasi wisata di Tanah Air.

Luhut juga mengatakan, saat ini pilot project terkait penggunaan dan konversi kendaraan listrik ini, tengah dikembangkan bersama sejumlah kementerian atau lembaga, dengan menggaet Kementerian Perhubungan, Kementerian Investasi/BKPM, dan PT PLN (Persero).

“Kami mungkin ingin mengusulkan pembuatan sejumlah pilot project kendaraan EV [electric vehicle] atau kendaraan listrik, dan itu bisa dikonversi dengan baterai listrik buatan dalam negeri. Dalam 2,5 tahun apabila bisa kita buat, itu bagus,” katanya saat peresmian tampilan baru kendaraan listrik Grab atau Grab Electric di Gedung Kemenko Marves, seperti distita dari laman Bisnis.com, ditulis Kamis (14/7/2022).

Motor listrik Oyika (Ist)

Luhut menyebutkan, pilot project kendaraan listrik ini bisa dilakukan di beberapa tujuan wisata, seperti bali, Borobudur, dan lainnya.

Sementara itu, Luhut juga menegaskan, penggunaan kendaraan listrik menjadi salah satu cara untuk menekan emisi karbon.

“Kita semua dukung, pokoknya sepanjang itu untuk Indonesia kita dukung. Penggunaan kendaraan EV dalam negeri adalah kunci transformasi, jadi kita harus berani melakukan terobosan-terobosan untuk kebaikan, tentu dengan perhitungan yang baik,” pungkasnya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )