Toyota dan Redwood Kolabs Daur Ulang Baterai Mobil Listrik

JAKARTA, AVOLTA – Toyota Motor Corp melakukan kerjasama dengan Redwood Materialis Inc untuk proses daur ulang baterai kendaraan listrik. Menurut Toyota, langkah itu diperlukan mengingat di masa depan populasi mobil listrik semakin banyak.

Mengutip laman Reuters, Kamis (23/6/2022), perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu mengatakan, Toyota bergabung dengan inisiatif daur ulang dan remanufaktur baterai kendaraan listrik (EV) yang komprehensif.

“Kami sedang membangun ekosistem baterai loop tertutup yang berujuan untuk mengurangi biaya EV dengan mengurangi ketergantungan pada bahan impor,” ungkap Kepala Eksekutif dan Pendiri Redwood Materials JB Straubel.

Straubel menjelaskan, pekerjaan tahap awal akan dilakukan di kampus yang memiliki lahan 175 hektare di Nevada Utara. Bahkan, ke depan akan membangun kompleks lain di wilayah Amerika bagian Tenggara.

Redwood Materials meningkatkan produksi komponen anoda dan katoda menjadi 100 gigawatt-jam pada 2025, cukup untuk memasok baterai kepada 1 juta kendaraan listrik per tahun.

Selanjutnya, akan menjadi 500 GWh pada 2030, cukup untuk memasok 5 juta EV per tahun atau lebih, kata Straubel yang merupakan salah satu pendiri Tesla Inc.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )