Peluang Indonesia Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Wuling

Wujud Mobil Listrik Wuling untuk Indonesia Terungkap (Ist)

Wujud Mobil Listrik Wuling untuk Indonesia Terungkap (Ist)

JAKARTA, AVOLTA – Wuling Motors serius untuk terjun di pasar kendaraan listrik di Indonesia. Pabrikan asal Cina ini, bahkan sudah memperkenalkan mobil listrik mungilnya, yang disebut Wuling EV.

Mobil listrik kompak empat penumpang ini, merupakan pengembangan dari basis platform GSEV yang diperkenalkan pertama kali di Indonesia.

Dian Asmahani, Brand and Marketing Director Wuling Motors menjelaskan, untuk waktu produksi dan peluncurannya sendiri akan dilakukan dalam beberapa waktu ke depan. Meskipun, hingga saat ini memang detail terkait belum terungkap.

“Nanti (terkait produksi) akan kita informasikan saat launching. Secara kapasitas produksi masih sangat mumpuni untuk produksi EV di sini,” jelas Dian, beberapa waktu lalu.

Terkait peluang ekspor dari mobil listrik Wuling buatan Indonesia ini, Dian tidak menutup kemungkinan bisa saja dilakukan. Pasalnya, jika berbicara ekpsor, untuk model sebelumnya, seperti Almaz yang dibuat di Tanah Air, juga sudah dikirim ke mancanegara.

“Untuk EV (ekspor) pasti ada, tapi memang saat ini karena ini baru buat kami, jadi kita fokus ke pasar Indonesia terlebih dahulu. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk hal itu,” tegas Dian.

Sementara itu, di pasar lain, terutama untuk wilayah Asia Tenggara, belum ada yang menjual mobil listrik Wuling ini. Jadi, kemungkinan besar, Indonesia akan menjadi negara pertama yang akan menjual dan tentu saja membuat Wuling EV secara lokal.

“Yang untuk Asia tenggara, kan sebenarnya hub-nya apalagi setir kanan itu di Indonesia. Sebenarnya, segala macam negara yang istilahnya setir kanan untuk kawasan Asia Pasifik, sebenarnya kita bisa (jual),” pungkas Dian.

CATEGORIES
TAGS