Butuh 13 Tahun, Hyundai dan Kia Jual 3 Juta Mobil Elektrifikasi

Ilustrasi mobil listrik Hyundai Kona, lagi cas baterai. (Hyundai)

SEOUL, AVOLTA – Hyundai dan Kia telah resmi menjual sebanyak 3 juta unit kendaraan elektrifikasi. Data tersebut, berdasarkan catatan resmi dari kedua pabrikan saudara asal Korea Selatan, dikutip dari Yonhap, ditulis Selasa (21/6/2022).

Sementara itu, Hyundai dan Kia sendiri telah memulai bertarung di pasar kendaraan listrik pada 13 tahun lalu, dengan meluncurkan mobil hybrid kemudian PHEV, sampai akhirnya mobil listrik (BEV).

Kemudian, berselang dari periode tersebut hingga sekarang, kedua perusahaan ini mampu mencatatkan angka komulatif penjualan model emisi rendah sebanyak 3,01 juta unit.

Hyundai Kona listrik di India – dok.mdstuc.info

Produsen mobil yang tergabung dalam grup besar Hyundai Motor Group ini juga berhasil menorehkan penjualan kendaraan listrik pada Januari hingga Mei 2022, 393.509 unit.

Permintaan mobil ramah lingkungan secara global tahun ini tetap menguat, meskipun terjadi gangguan rantai pasokan dan kekurangan cip semikonduktor secara global, yang belum bisa teratasi di industri otomotif khususnya.

Sebagai informasi, Hyundai dan Kia melaporkan penuranan penjualan mobil sebesar 5,9% periode Januari hingga Mei 2022, hanya 2,69 juta unit dibanding periode yang sama tahun lalu.

Namun, penjualan mobil ramah lingkungan buatan Hyundai dan Kia sendiri, mengalami peningkatan cukup signifikan, sebesar 42,6% atau sebesar 393.509 unit dibanding periode yang sama tahun lalu.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )