Hyundai Ioniq 5 Bermasalah Kena Recall

Ilustrasi, Hyundai IONIQ 5 – dok.Istimewa

JAKARTA, AVOLTA – Hyundai Ioniq 5 harus kena recall atau ditarik kembali untuk diperbaiki, karena mengalami masalah. Berdasarkan laporan konsumen, mobil listrik itu meluncur bebas saat sedang parkir karena masalah transmisi.

Masalah yang dialami Ioniq 5 disebut sebagai “Vehicle Rollaway from Software Error”, dilaporkan terjadi di Amerika Serikat. Menurut NHTSA (National Traffic Highway Safety Administration), terjadi gangguan pada software yang terkait dengan sistem transmisi dan motor listrik Ioniq 5.

Bukan hanya Ioniq 5, recall ini juga berlaku untuk Kia EV6 yang merupakan model kembaran satu platformnya.

“Sistem shift-by-wire di kendaran subyek berisi Shifter Control Unit (SCU) dan actuator parkir elektronik. Fluktuasi tegangan dapat terjadi dengan kendaraan dalam kondisi mati dan posisi parkir (P), yang dapat berdampak pada sinyal perintah dari SCU ke actuator parkir, yang mengakibatkan pelepasan sementara pedal parkir dan potensi kendaraan meluncur bebas,” tulis pernyataan NTHSA.

Alhasil Hyundai menyarankan para pemilik Ioniq 5 menggunakan Electronic Parking Brake saat parkir sampai masalah ini bisa diperbaiki di bengkel resmi.

Hyundai akan melakukan update software SCU pada masing-masing bengkel resminya. Para konsumen Ioniq 5 akan mendapat surat mengenai recall pada sekitar 10 Juli 2022.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )