Gaikindo Optimistis Penjualan Mobil 2022 Melebihi Target

Kinerja ekspor Toyota periode kuartal I/2022 mencatatkan volume terbesar sepanjang sejarah. (TMMIN)

JAKARTA, AVOLTA – Situasi pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin membaik, menimbulkan harapan baru untuk industri otomotif Tanah Air. Bahkan, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) optimistis penjualan roda empat pada 2022 akan melebihi target.

Ketua III Gaikindo Rizwan Alamsjah menjelaskan, penjualan kendaraan roda empat periode Januari hingga April 2022 sebanyak 347 ribu unit. Jumlah tersebut, melebihi periode yang sama tahun lalu, yang hanya sebesar 266 ribu unit.

“Kami dari Gaikindo, target penjualan pada 2022 itu baru 900 ribu unit. Tapi, kalau lihat pengaruh seperti ini, kami juga mulai optimis mungkin akan melebihi (target),” ujar Rizwan, di Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Keyakinan Gaikindo ini, dengan melihat beberapa faktor dan salah satunya adalah teratasinya pandemi Covid-19 di Indonesia dan telah menciptakan suasana yang semakin kondusif.

Veloz menjadi penyumbang ekspor terbesar Toyota dari Indonesia, sejak 2022. (TMMIN)

Sementara itu, kebijakan pemerintah dalam memberikan pelonggaran untuk kegiatan aktivitas masyarakat juga memicu pergerakan ekonomi dan kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB). Pertumbuhan ekonomi di Tanah Air, juga diprediksi dapat mencapai 5,17 %.

Hal tersebut diharapkan dapat memicu kenaikan permintaan pasar terhadap kendaraan yang akhirnya memberikan dampak positif pada industri otomotif serta industri pendukungnya.

“Ekspor juga sangat lancar, dan diapresiasi pemerintah. Ekspor naik 28 % dan pertumbuhan ekonomi sangat baik,” tambah Rizwan.

Sebelumnya, Ketua Umum Gaikindo Johannes Nangoi sempat mengatakan, jika pihaknya tetap berharap penjualan mobil secara nasional kembali tembus  1 juta unit.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )