Toyota dan Thailand Menyepakati Insentif Baru Mobil Listrik

JAKARTA, AVOLTA – Produsen otomotif asal Jepang, Toyota resmi menandatangani perjanjian insentif dengan Thailand untuk mempromosikan penggunaan kendaraan listrik (EV). Insentif yang dimaksud termasuk keringanan pajak dan subsidi untuk membantu produksi kendaraan listrik.

Menteri Keuangan Thailand Arkhom Termpittayapaisith mengatakan Thailand akan menjadi “lompatan” untuk penggunaan kendaraan listrik karena konsumen sedang menunggu produsen mobil besar bergabung dengan skema pemberian insentif tersebut.

Thailand disebut menjadi negara basis produksi otomotif regional utama di kawasan Asia Tenggara. Demikian dilansir laman Reuters, Sabtu (30/4/2022).

“Toyota sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan model bZ4X EV di Thailand akhir tahun ini,” ungkap Noriaki Yamashita, presiden Toyota Motor Thailand.

Toyota merupakan pemain utama otomotif dengan menguasai sekitar sepertiga pasar kendaraan di Thailand.

Kesepakatan serupa juga telah ditandatangani Toyota dengan produsen mobil Cina, Great Wall Motor, dan SAIC Motor Corp unit Thailand, kata kementerian tersebut. Kementerian berharap setidaknya lima produsen mobil diharapkan untuk bergabung dengan skema dukungan kendaraan listrik tahun ini.

Federasi Industri Thailand mengatakan ada sekitar 260.000 kendaraan listrik yang saat ini terdaftar di Thailand dan kementerian keuangan memperkirakan sekitar 20.000 unit akan terjual tahun ini. Angka ini disebut hanya sebagian kecil dari total mobil yang beroperasi di jalanan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )