Suzuki Diduga Mencurangi Aturan Emisi Mesin Diesel

Interior Suzuki Escudo Hybrid, baru melucur di Jepang. (Suzuki)

JAKARTA, AVOLTA – Suzuki sedang menjadi perhatian di sejumlah negara di Eropa, karena diduga mencurangi aturan emisi mesin diesel. Jerman, Italia, dan Hungaria yang sudah mengendus kecurigaan itu dan sedang diselidiki lebih dalam.

Melansir laman Reuters, Jumat (29/4/2022) Jaksa di Jerman menjelaskan, investigasi mereka menyoroti yang sosok bertanggung jawab di Suzuki, produsen terbesar ke-4 dunia Stellantis, yang menyuplai mesin diesel ke Suzuki dan produsen komponen Marelli yang menyuplai komponen mesin itu.

Penyelidikan tersebut tengah dilakukan di Jerman, Italia dan Hungaria yang merupakan bagian dari koordinasi Eurojust, badan kerja sama peradilan pidana Eropa.

Eurojust menyatakan, penggerebekan dilakukan ‘untuk melawan penggunaan perangkat emisi ilegal di mesin, yang dipakai di mobil dari produsen Jepang’.

“Perangkat itu diduga dipasang di mesin diesel buatan Italia pada sejumlah besar mobil, memberi kesan bahwa emisi nitrogenoksida kendaraan itu sejalan dengan peraturan UE,” ungkap Eurojust.

Sementara itu, juru bicara Suzuki yang berkantor di Jerman itu mengatakan perusahaan dan manajemen lokal bekerja sama dengan otoritas investigasi.

Bukan hanya itu, juru bicara itu juga tidak mau berkomentar lebih lanjut karena penyelidikan sedang berlangsung dan akan ada informasi lagi ke depannya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )