Mesin Rotary Mazda Bangkit Dari Kubur, Jadi Generator Hybrid

Sosok Mazda MX 30 rencananya bakal dilengkapi mesin rotary sebagai generator listrik. (Mazda)

JAKARTA, AVOLTA – Kabar baik bagi pecinta mesin Rotary Mazda. Produsen otomotif asal Jepang itu akan menghidupkan kembali tipe mesin legendaris itu yang terakhir kali diproduksi pada 2012 di model RX-8.

Melansir laman Nikkei Asia, Sabtu (23/4/2022), pabrikan asal Hiroshima ini akan kembali mengembangkan mesin rotary untuk mobil hybrid, akhir 2022. Mesin rotary itu tidak dipakai untuk menggerakkan roda, tetapi digunakan sebagai generator penyuplai listrik ke motor elektrik.

Mazda mengatakan sekarang sudah siap meluncurkan MX-30 yang dilengkapi mesin rotary pada semester kedua 2022. Mazda MX-30 merupakan mobil listrik produksi massal pertama yang diluncurkan Mazda pada 2020.

Mazda MX 30 bakal dibekali mesin rotary bertindak sebagai generator. (Mazda)

Mobil ini punya masalah pada jarak tempuh, yakni hanya 250 km sekali isi baterai penuh, yang jauh lebih pendek dari mobil listrik lain.

Tetapi Mazda kini menargetkan jarak tempuh naik signifikan karena menggunakan mesin rotary sebagai generator. Cara ini dikatakan bukan cuma bisa dipakai di MX-30 tapi juga pada mobil Mazda lainnya.

Rencana ke depan, Mazda ingin semua mobilnya bertenaga listrik pada 2030. Perlu diketahui, keunggulan mesin rotary yaitu strukturnya lebih ringkas, menghasilkan tenaga lebih besar ketimbang kapasitas sama mesin piston dan getarannya rendah.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )