Honda Bangun Pabrik Khusus Mobil Listrik di Cina

Salah satu mobil listrik Honda (dok.Honda)

Hubei, AVOLTA – Produsen otomotif asal Jepang, Honda memutuskan kembali berinvestasi di Cina. Honda khusus membangun pabrik perakitan mobil listrik berkerjasama dengan perusahaan otomotif lokal, yaitu Dongfeng Motor Group.

Kolaborasi tersebut menjadikan satu entitas yang baru dengan nama Dongfeng Honda Automobile. Pabrik tersebut bakalan dibangun di Zona Pengembangan Ekonomi Wuhan di Provinsi Hubei, dengan luas lahan sekitar 630.000 meter persegi.

Melansir laman reuters, Sabtu (8/1/2022),sedangkan untuk tahap produksi dijadwalkan dimulai pada 2024, dengan kapasitas tahunan 120.000 unit. Fasilitas produksi tersebut juga merupakan pabrik pintar yang sangat efisien untuk membuat mobil listrik dari tahap awal hingga akhir.

Dalam keterangannya, di pabrik tersebut Honda bertujuan mencapai tingkat otomatisasi terdepan pada industri, terutama untuk jalur perakitan.

Salah satu mobil listrik Honda (dok.Honda)

Fasilitas perakitan itu juga mengutamakan nol karbon sebagai fokus sehingga ingin memanfaatkan sumber energi terbarukan seperti tenaga surya, air daur ulang, dan metode lain untuk mengurangi emisi VOC atau senyawa organik yang mudah menguap.

Namun, untuk proses produksi, Honda baru-baru ini mengumumkan model yang ambisius dengan mobil seri e:N, dua di antaranya akan mulai dijual di Cina dalam beberapa bulan ke depan, yaitu e:NS1 dan e:NP1.

Selain itu, Honda dan juga Dongfeng berencana meningkatkan pasar EV dan FCEV (fuel cell EVs) menjadi 40 persen dari total penjualan pada 2030, yaitu 80 persen pada 2035 dan menjadi 100 persen pada 2040.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )