Honda Rilis Super Cub 110 Lite: Rp 30 Jutaan Auto Kalcer

TOKYO, AVOLTA – Honda meluncurkan tiga model Super Cub 110, yakni Super Cub 110 Lite, Super Cub 110 Pro Lite, dan Cross Cub 110 Lite. Khusus pasar Jepang, motor ini dijual mulai 341.000 yen atau sekitar Rp 36,5 juta.
Varian Super Cub 110 Pro Lite dibanderol 385.000 yen atau setara Rp 41,2 juta, dan Cross Cub 110 Lite 401.500 yen sekitar Rp 43 juta. Demikian dikutip dari Young-Machine, Jumat (24/10/2025).
Peluncuran ketiga varian itu bukan tanpa alasan, Honda mengikuti regulasi terbaru terkait kendaraan bermotor dengan kapasitas mesin di bawah 125 cc. Tenaga maksimum yang diizinkan, hanya 4 kW, sehingga ketiganya diklasifikasikan sebagai moped Kelas 1, yang setara dengan motor 50cc.
Melalui ketiga model ini, Honda ingin menyajikan pilihan yang tetap ringan dan efisien, namun dengan tenaga yang sedikit lebih besar sesuai regulasi baru.
Langkah ini menunjukkan adaptasi Honda terhadap perubahan regulasi kendaraan bermotor serta upaya mereka dalam menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan konsumen, terutama bagi pengendara yang mencari motor dengan ukuran kompak dan hemat bahan bakar.
Super Cub 110 Lite menjadi penerus langsung Super Cub 50 dengan tenaga 3,5 kW (4,69 TK). Sementara itu, Super Cub 110 Pro Lite ditujukan untuk kebutuhan bisnis, dan Cross Cub 110 Lite untuk aktivitas hobi.
Ketiganya mengusung desain yang tak jauh berbeda dari Super Cub 110 standar, namun dengan sejumlah pembaruan yang membuat pengalaman berkendara semakin nyaman dan modern.
Salah satu fitur unggulan, yaitu penggunaan pelek alloy di bagian depan dan belakang, yang tidak hanya memperkuat tampilan, tetapi juga meningkatkan kestabilan saat melaju.
Sistem pengereman depan menggunakan cakram dengan teknologi ABS, memberikan keamanan ekstra saat berkendara di berbagai kondisi jalan.
Sektor jantung pacu, ketiga model ini dibekali dengan mesin 109 cc satu silinder berpendingin udara. Tenaga mesin tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual empat percepatan.
Perpindahan gigi yang mulus dan putaran mesin yang lebih rendah membuat akselerasi motor terasa lebih halus dan responsif, sehingga cocok untuk pengendara yang mengutamakan kenyamanan dan efisiensi.
