Jalan Tesla Mulus di India, Dapat Potongan Pajak

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah India resmi menurunkan pajak impor mobil listrik. Kebijakan tersebut, dikabarkan demi memudahkan jalan Tesla  berinvestasi dan membangun pabrik perakitan roda empat ramah lingkungan di Negeri Bollywood.

Disitat dari Autoblog, penurunan pajak mobil listrik yang diberikan oleh Pemerintah India ini, berlaku untuk produsen yang berkomitmen untuk menggelontorkan investasi minimal US$ 500 juta atau setara Rp 7,76 triliun.

Bagi pabrikan yang setuju dengan komitmen tersebut, diberikan waktu tiga tahun untuk bisa mendirikan fasilitas manufaktur lokal kendaraan listrik.

Selain itu, syarat lain yang harus dipenuhi, adalah produsen setidaknya harus menggunakan komponen lokal India sebesar 25% pada tahun ketiga dan meningkat menjadi 50% pada tahun kelima.

Sementara itu, bagi produsen yang bisa memenuhi persyaratan tersebut akan diizinkan melakukan impor mobil listrik hingga 8.000 unit dengan dalam setahun, dengan tarif pajak impor yang lebih rendah sebesar 15%.

Diketahui, CEO Tesla, Elon Musk sempat mengatakan siap memberikan investasi sebesar US$ 2 miliar atau setara Rp 31,4 triliun untuk membangun pabrik di India.

Sebelumnya, Tesla memang berniat untuk membangun gigafactory di Gujarat, India. Bahkan, sinyal kuat tersebut ditandai dengan perwakilan perusahaan asal Amerika Serikat itu mengunjungi sejumlah lokasi di India beberapa waktu lalu.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )