Rating Keselamatan Hyundai Kona Menurun

JAKARTA, AVOLTA – Hyundai Kona generasi terbaru sudah berhasil diuji tabrak oleh Euro New Car Assessment Programme (Euro NCAP) atau lembaga penilaian keselamatan kendaraan di Eropa. Hasilnya mengalami penurunan yang sebelumnya meraih bintang lima, kini harus mengantongi bintang empat.

Mengutip laman Drive, Senin (11/12/2023) SUV asal pabrikan Korea Selatan itu hanya meraih skor 80 dalam kategori perlindungan penumpang dewasa, dan mendapatkan nilai rendah pada pengujian perlindungan pengguna jalan rentan dan bantuan keselamatan, yaitu cuma 70.

Pengujian safety assist juga hanya mendapatkan skor 60, atau menjadi nilai terendah dibandingkan dengan kategori penilaian lainnya. Hasil buruk ini disebabkan oleh penurunan performa Kona pada sistem pengereman darurat otonom (AEB) dan kurangnya sistem bantuan pada fitur tersebut.

Euro NCAP dalam keterangan resminya, mengatakan bahwa hasil ini merupakan suatu “kekecewaan” sekaligus “keberuntungan,” karena Kona masih dapat menghindari nilai tiga bintang.

“Hyundai telah memperbesar mobilnya dan membuat interiornya lebih lapang untuk bersaing di kelasnya, tetapi perusahaan tidak boleh mengasumsikan bahwa pelanggan akan puas dengan tingkat keselamatan yang tertinggal dibandingkan dengan pesaingnya,” tulis Euro NCAP.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )