Nissan Pede Bisa Produksi BEV di Indonesia

Pabrik Nissan di Sunderland, Inggris, merakit mobil listrik Leaf. (Nissan)

JAKARTA, AVOLTA – Nissan punya mobil listrik, yaitu Leaf yang sudah dijual di Indonesia. Akan tetapi belum bisa mendapatkan insentif dari pemerintah mengingat tidak lolos persyaratan TKDN minimal 40 persen karena model tersebut masih diimpor utuh alias CBU dari Jepang.

Meski demikian, Chief Executive Officer (CEO) PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) Tan Kim Piauw mengatakan, tetap ada peluang Nissan Leaf dirakit lokal untuk dapat subsidi pembelian dari pemerintah.

Apalagi Nissan punya fasilitas produksi di Indonesia yang besar kemungkinan dapat digunakan untuk memproduksi Leaf.

“Terus terang fasilitas pabrik dari Nissan masih ada di Indonesia. Memang saat ini tidak digunakan atau tidak aktif, jadi dengan adanya fasilitas yang sudah ada itu kita melihat kemungkinan itu selalu ada,” ungkap Tan belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan.

Hanya saha Tan tidak bisa memastikan kapan waktunya karena semuanya tergantung dari prinspal dan melihat bagaimana pasar mobil listrik di Indonesia.

“Jadi kemungkinan ini selalu ada (produksi lokal Nissan Leaf),” ucap Tan.

Perlu diketahui, pabrik Nissan Indonesia berlokasi di Kawasan Industri Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat. Fasilitas ini resmi ditutup pada Maret 2020, sebagai langkah dari Nissan Global untuk merampingkan operasi yang disebut kurang menguntungkan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )