DPR Minta Subsidi untuk Mobil Listrik Esemka

Pabrik Esemka di Jawa Tengah (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah berencana ingin memberikan subsidi kepada masyarakat yang akan membeli kendaraan listrik mulai tahun depan. Wacananya setiap pembelian motor listrik akan mendapatkan subsidi Rp 6,5 juta per unit.

Namun, sejauh ini belum ada kebijakan atau aturan detailnya soal pemberian insentif untuk kendaraan listrik ini.

Apabila insentif tersebut direalisasikan, maka pemerintah juga disarankan jangan melupakan mobil listrik Esemka yang merupakan produk karya anak negeri.

Anggota DPR Komisi VII Mulyanto mengatakan, subsidi pembelian mobil dan motor listrik tidak realistis dan mengusulkan pemerintah memberi subsidi buat mobil listrik Esemka sebab dinilai bermanfaat untuk industri otomotif dalam negeri.

“Daripada mensubsidi pembelian motor dan mobil listrik buatan luar negeri, lebih baik Pemerintah mensubsidi pembelian mobil listrik Esemka. Itu barang bagus. Asli karya anak bangsa,” ujar Mulyanto dalam keterangan resminya, Senin (5/12/2022).

Menurut Mulyanto, pemerintah diminta tidak melupakan Esemka sebab merek mobil ini diperkenalkan dan dipromosikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Kata dia, tanpa ada subsidi pesanan Esemka sudah mencapai 60 ribu unit. Dia memperkirakan pesanan bakal meningkat tiga atau empat kali lipat bila diberikan subsidi.

“Saya yakin masyarakat akan menyambut baik usul pemberian subsidi pembelian mobil listrik Esemka ini. Masyarakat akan berbondong-bondong memenuhi dealer-dealer penjualan mobil Esemka dimana pun berada,” tutur dia.

 

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )