Berlaku Akhir Tahun, Tiga Cara Kerja Bayar Tol Tanpa Sentuh

JAKARTA, AVOLTA – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan penerapan sistem bayar tol tanpa sentuh, yang disebut intelligent toll road system (ITRS) dengan menggunakan sistem multi lane free flow (MLFF) akan berlaku mulai Desember 2022.

Kepala BPJT, Danang Parikesit menjelaskan, transaksi pembayaran tol nirsentuh ini, akan menggunakan teknologi onboard unit.

“Ini terhubung dengan satelit, sehingga masyarakat bisa langsung melewati gate tol tanpa berhenti dulu untuk tapping e-money,” kata Danang, saat Webinar Infrastruktur untuk Indonesia, beberapa waktu lalu.

Lanjut Danang, sistem bayar tol tanpa sentuh ini, merupakan cara yang dilakukan pihak terkait untuk meningkatkan keamanan. Pasalnya, Kementerian PUPR juga akan meningkatkan pemanfaatan aplikasi digital, untuk efektivitas dan pengalaman bagi pengguna jalan tol yang lebih baik.

Sementara itu, terkait cara bayar dari sistem ini, bisa dilakukan dengan tiga cara yang sudah disedikan.

Pertama, pengguna dapat menggunakan aplikasi Electronic on board unit atau E-OBU di telepon seluler. Sistem ini, akan bekerja melalui integrasi dengan sistem pembayaran berbasis GPS.

Ilustrasi Gerbang Tol di Jakarta. (Jasa Marga)

Bagi yang jarang mengganti kendaraan dan menggunakan ponsel, disarankan menggunakan cara tersebut. Untuk penggunaannya sendiri, pemilik kendaraan harus mendaftarkan data kendaraan dan pribadi ke sistem melalui aplikasi MLFF, dan memilih sejumlah metode pembayaran yang tersedia.

E-OBU mulai aktif dengan menekan tombol mulai setelah proses registrasi selesai. E-OBU bekerja dengan mengirim sinyal GPS ke MLFF pusat. GPS akan mendeteksi lokasi kendaraan, serta memotong saldo secara otomatis.

Cara kedua, yaitu dengan menggunakan OBU (On Board Unit) dan Electronic Route Ticket. Untuk OBU, mirip dengan metode E-OBU yaitu mencatat penggunaan jalan tol berdasarkan GPS. Namun, perangkat yang digunakan akan berbeda, karena OBU menggunakan alat yang ditempel di kendaraan, sementara E-OBU adalah aplikasi di telepon genggam.

Terakhir, Electronic Route Ticket, yaitu metode yang direkomendasikan bagi yang jarang bepergian menggunakan tol. Tiket elektronik ini dapat dibeli pengguna di situs resmi atau aplikasi MLFF sebelum bepergian dengan memilih titik masuk dan titik keluar tol.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )